Pages

Selasa, 10 Juni 2014

Cintai Negara Indonesia seperti Mencintai Diri Kita Sendiri.

Aku Cinta Indonesia

Saya adalah salah seorang yang beruntung bisa tinggal di Negara Indonesia. Saya sudah belasan tahun di INDONESIA. Saya sangat cinta Indonesia. Beraneka ragam suku budaya, ragam bahasa, dll. Banyak perbedaan yang di Indonesia antara lain perbedaan dalam menganut keyakinan. 

Aku cinta Indonesia, tanah tumpah darahku. Di negeri ini aku dilahirkan dan di sini pula aku diberi makanan, airnya mampu melepaskanku dari rasa dahaga, orang - orangnya yang pada akhirnya mampu mendidik dan memberi ilmu padaku, dan kultur serta kearifan lokalnya yang membuat aku bisa bertoleransi.

Kultur dan budaya orang yang beraneka ragam banyak aku temukan saat melakukan perjalanan. Kehangatan dan keramahan warga - warga setempat lagi - lagi membuat aku bersyukur karena telah dilahirkan dinegeri ini. Keramahan seperti inilah  yang tidak akan banyak ditemukan di negara lain.

Budayanya yang begitu banyak dan beragam turut menambah kekayaan bangsa ini. Bahasa daerahnya saja ada begitu banyak dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia. Kerukunan antara umat beragama yang indah hanya akan ditemui di negeri ini.

Mungkin beberapa tahun belakangan ini beberapa kali terjadi perselisisihan atau konflik antara sekelompok orang tertentu yang mengatas namakan agama. Tetapi itu hanya sekelompok kecil dan tentu tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur kerukunan umat beragama di negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat didunia.

Hanya dinegeri inilah persahabatan di atas perbedaan keyakinan dapat terjalin dengan begitu harmonis. Dengan tetap memegang teguh keyakinannya masing - masing.

Sebenarnya banyak juga cara menerapkan rasa cinta kita pada tanah air, cara yang sebenarnya sungguh sederhana hanya saja masih kurangnya kesadaran masayarakat Indonesia akan pentingnya mencintai tanah air sendiri, bila kita melakukan beberapa hal seperti dibawah ini:
- Mentaati peraturan dan hukum yang berlaku dikalangan nasional ataupn daerah masing-masing.
-Tidak merusak perangkat umum yang disdiakan, dan lain sebagainya.
-Selalu menerapkan sikap sopan santun dan ramah tamah yang telah lama menjadi ciri khas orang Indonesia.
-Mempelajari budaya dan adat istiadat yang ada guna melestarikan kebudayaan luhur bangsa.
-Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme dalam bangsa dan negara yang tengah dalam era globalisasi ini, patriotisme indonesia sendiri memiliki arti sikap kita terhadap tanah air, prngabdian dan pengorbanan terhadap tanah air yang bertujuan untuk memberi kemakmuran dan kejayaan atas tanah air kita sendiri, Indonesia. Sedangkan nasionalisme adlah sikap bangga dan cinta terhadap tanah air dan apa yang didapat didalamnya. Berikut hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme:
-Mengikuti upacara disekolah, maupun upacara hari besar.
-Menggalang kegiatan bakti sosial.
-Mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kepemudaan seperti PMR, Pramuka, dll.
-Membeli produk dalam negeri.
-Meningkatkan prestasi dalam akademik maupun non akademik demi maneharumkan nama bangsa, dll.

Tugas Ilmu Budaya Dasar
Nama: Indra Yuhandhi
NPM:19113984
Kelas:1KA41
Universitas Gunadarma Kampus Cengkareng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar